KULIAH IMAN 2

Just another WordPress.com weblog

Kedatangan Yesus Yang Kedua Tidak pernah Terwujud ?

YESUS (SERBA-SERBI):

Kedatangan Yesus Yang Kedua Tidak pernah Terwujud :

“Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepada-mu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota- -kota Israel, anak manusia (menunjuk kepada dirinya sendiri) sudah datang.” (Injil -Matius 10: 23).

Murid-murid Yesus melarikan diri dan mereka menghilang, dan telah binasa selama 2000 tahun, dengan tidak ada tanda-tanda kembalinya Yesus.

CONTOH JAWAPAN:

Matius 10:23

Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; kerana Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang.

Ayat ini memang agak sulit penafsirannya. Schweitzer mendasarkan ajarannya tentang “eskatologi yang sedang berlangsung” pada ayat ini, dengan mengatakan bahawa Yesus mengharapkan hari akhir pada waktu itu. Jelas Matius tidak berfikir demikian. Suatu pemecahan ialah bahawa sebelum mereka selesai melarikan diri ke “kota-kota Israel”, penghakiman “Anak Manusia” sudah datang dengan perantaraan orang Roma dalam Perang Yahudi.

Hal ini dapat dibandingkan dengan gagasan Koresy, raja Persia sebagai gembala yang diurapi Allah dalam ayat-ayat berikut ini:

Yesaya 44:28

Akulah yang berkata tentang Koresh: Dia gembala-Ku; segala kehendak-Ku akan digenapinya dengan mengatakan tentang Yerusalem: Baiklah ia dibangun! dan tentang Bait Suci: Baiklah diletakkan dasarnya!

Yesaya 45:1

Beginilah firman TUHAN: ‘Inilah firman-Ku kepada orang yang Kuurapi, kepada Koresh yang tangan kanannya Kupegang supaya Aku menundukkan bangsa-bangsa di depannya dan melucuti raja-raja, supaya Aku membuka pintu-pintu di depannya dan supaya pintupintu gerbang tidak tinggal tertutup’.

Penafsiran lain, ada yang memakai Matius 10:23 ini untuk mengertikan bahawa Yesus mengharapkan misi kedua belas murid itu membuat satu gerakan pertobatan yang besar di antara Israel sehingga kerajaan eskatologis datang sebelum mereka menyelesaikan misi mereka. Tafsiran ini tidak memperhitungkan campuran karakter dari pasal itu. Perikop ini jelas melihat ke balik misi kedua belas murid saat itu kepada misi masa depan di dunia. Ayat sekarang tidak lagi mengatakan bahawa misi murid-murid Yesus kepada bangsa Israel akan berakhir hingga kedatangan Anak Manusia. Ayat itu menunjukkan bahwa di samping kebutaannya, Allah tidak membuang Israel. Umat Allah yang baru akan memperhatikan Israel hingga akhir zaman. Selain itu Tuhan pernah mengatakan kiraan masa di Surga dengan di bumi adalah tidak sama.

 

November 21, 2008 - Posted by | PORTAL KRISTOLOGI |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: