KULIAH IMAN 2

Just another WordPress.com weblog

Roh Kudus tidak mengetahui dengan yakin?

Apakah Lukas diberi inspirasi oleh Tuhan untuk mengatakan bahawa Yesus (AS) Adalah Anak Yusuf?

“Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, ia berumur kira-kira  (“kira-kira” Roh Kudus tidak mengetahui dengan yakin) 30 tahun, (menurut anggapan orang), Ia adalah anak Yusuf….” (Injil Lukas 3: 23).

Kata-kata “(menurut anggapan orang)” yang terlihat dalam kurung bukanlah naskah asli Yunani dari Lukas! Kata–kata ini adalah sebuah keterangan dari penterjemah. Dalam bahasa yang berbeza-beza seperti Arab, Afrika, Zulu, dan sebagainya, kata-kata.

“menurut anggapan orang” tetap dipertahankan di dalam terjemahan, tetapi tanda kurungnya dihilangkan. Jadi dengan menghilangkan tanda kurung tersebut kata-kata itu menjadi pernyataan Lukas, dan jika Lukas diberi ilham maka kata-kata tersebut berubah menjadi perkataan Tuhan. Inilah bagaimana mudahnya ka-ta-kata manusia berubah menjadi kata-kata Tuhan di dalam literatur Kristen.

CONTOH JAWAPAN:

Lukas 3:23

LAI TB : Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli,

LAI TL : Maka Yesus sendiri tatkala Ia mulai mengajar, umur-Nya sekira-kira tiga puluh tahun; maka pada sangka orang Ia itu anak Yusuf, anak Heli

KJV : And Jesus himself began to be about thirty years of age, being (as was supposed) the son of Joseph, which was the son of Heli,

NIV : “Now Jesus himself was about thirty years old when he began his ministry. He was the son, so it was thought, of Joseph, the son of Heli,

INTERLINEAR : kai {DAN} autos {DIA} ên {DIA ADALAH} o iêsous {YESUS} ôsei{KIRA-KIRA} etôn {TAHUB} triakonta {TIGA PULUH} archomenos {MULAI} ôn {MENJADI} ôs {SEPERTI} enomizeto {IA DIANGGAP} uios {ANAK} iôsêph{YUSUF} tou {YANG DARI} êli {Eli}

‘enomizeto’ Ia dianggap, ‘was supposed’ didalam KJV yang dalam tanda kurung bukanlah tambah-tambahan dari penterjemah.

Pemakaian kata ‘uios’ di depan nama Yusuf, kemudian penggunaan kata sandang genitive ‘tou’ sesudah itu menyiratkan bahwa Yesus bukanlah anak kandung Yusuf. Tetapi Yesus ‘dianggap’ sebagai anak Yusuf secara Hukum Yahudi, Yusuf mengawini Maria, oleh kerana itu Yusuf adalah ayah Yesus. Yusuf adalah ayah ‘de iure’, bukan ayah ‘de fakto’

Yesus. Inilah yang dimaksud dalam terjemahan bahasa Indonesia ‘menurut anggapan orang’ . Orang menganggap Yesus adalah anak Yusuf kerana mereka tidak percaya bahawa Yesus lahir dari benih perempuan tanpa dibuahi oleh benih manusia.

Perkataan “ kira-kira”yang terdapat dalam Injil Lukas tidak bermaksud untuk memberikan umur Yesus yang tepat. Boleh saja kurang beberapa bulan ataupun lebih beberapa bulan. Ataupun sememangnya tepat. Sekiranya perkataan “kira-kira” dituduh sebagai Roh Kudus tidak mengetahui dengan yakin, maka bagaimana pula ayat ragu-ragu dalam Al-Quran di bawah ini?

Quran 37 : 146 – 147

Dan Kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu. Dan Kami utus dia kepada seratus ribu orang atau lebih.

Quran 53 : 8 – 9

Kemudian dia mendekat, lalu bertambah dekat lagi. maka jadilah dia dekat (pada Muhammad sejarak) dua ujung busur panah atau lebih dekat (lagi).

Adakah Jibrilnya yang tidak yakin atau Allahnya yang kurang pasti?

COMBAT KIT : Yesus (AS), Terlalu Pentingkan Diri :

“Datanglah seorang perempuan kepada-Nya membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi yang mahal. Minyak itu dicurahkannya ke atas kepala Yesus … Melihat itu murid-muridnya gusar dan berkata, “Untuk apa pemborosan ini? Sebab minyak itu dapat dijual dengan mahal dan wangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin.” Tetapi Yesus mengetahui fikiran mereka dan berkata: “Mengapa kamu menyusahkan perempuan ini? Sebab ia teIah melakukan suatu perbuatan yang baik pada Ku. Kerana orang-orang miskin selalu ada padamu, tetapi Aku tidak akan selalu bersama-sama kamu.” (Injil Matius 26: 7-11 ).

CONTOH JAWAPAN:

Matius 26:7-11

7 datanglah seorang perempuan kepada-Nya membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi yang mahal. Minyak itu dicurahkannya ke atas kepala Yesus, yang sedang duduk makan.

8 Melihat itu murid-murid gusar dan berkata: “Untuk apa pemborosan ini?

9 Sebab minyak itu dapat dijual dengan mahal dan uangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin.”

10 Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka lalu berkata: “Mengapa kamu menyusahkan perempuan ini? Sebab ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku.

11 Kerana orang-orang miskin selalu ada padamu, tetapi Aku tidak akan selalu bersama-sama kamu. Yohanes menulis hal ini dengan lebih terperinci.

Yohanes 12:4-8

4 Tetapi Yudas Iskariot, seorang dari murid-murid Yesus, yang akan segera menyerahkan Dia, berkata:

5 “Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?”

6 Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya.

7 Maka kata Yesus: “Biarkanlah dia melakukan hal ini mengingat hari penguburan-Ku.

8 Kerana orang-orang miskin selalu ada pada kamu, tetapi Aku tidak akan selalu ada pada kamu.”

Tindakan Yesus amat tepat dan juga amat mengambil berat akan perempuan itu. Tiada unsur-unsur pentingkan diri di sini. Rungutan-rungutan seperti itu sudah pasti akan melukakan hati perempuan yang ikhlas itu. Oleh itu, tindakan Yesus memuji perempuan itu bukan sahaja sebagai teguran kepada murid-murid-Nya tetapi juga sebagai peringatan tentang penguburan-Nya yang akan segera tiba.

Artikel terkait:

http://www.pemudakristen.com –Bukti Yesus dari segi kuasa, saksi mata Injil, bukti Yesus Tuhan.

 

 

 

 

November 21, 2008 - Posted by | PORTAL KRISTOLOGI |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: