KULIAH IMAN 2

Just another WordPress.com weblog

Yesus mencerma tua-tua kaumnya?

Yesus mencerma tua-tua kaumnya?

Cercaannya  Dalam Menghadapi Tua-tua Kaumnya:

“… angkatan yang jahat dan tidak setia ….” (Matius 12: 39)

“…orang-orang munafik….” (Matius 23: 13).

“…kuburan yang dilabur putih …. ” (Matius 23: 27).

“..keturunan ular….” (Matius 23: 33).

CONTOH JAWAPAN:

Sememangnya ayat yang dikutip sepotong-potong begitu mudah menyanggahkan pandangan pembaca, apalagi mereka yang tidak mempunyai banyak masa untuk mengkaji Alkitab, ini amat berbahaya bagi golongan ini. Canggahan seperti ini dapat diterangkan dengan jelas melalui kutipan ayat dan konteks lengkapnya. Ia dijelaskan seperti di bawah:

Matius 12:38-39

38 Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus: “Guru,kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu.”

39 Tetapi jawab-Nya kepada mereka: “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.

Matius 23:13

Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, kerana kamu menutup pintu-pintu Kerajaan Sorga di depan orang. Sebab kamu sendiri tidak masuk dan kamu merintangi mereka yang berusaha untuk masuk.

Matius 23:27

Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu sama seperti kuburan yang dilabur putih, yang sebelah luarnya memang bersih tampaknya, tetapi yang sebelah dalamnya penuh tulang belulang dan pelbagai jenis kotoran.

Matius 23:33

Hai kamu ular-ular, hai kamu keturunan ular beludak! Bagaimanakah mungkin kamu dapat meluputkan diri dari hukuman neraka?

Siapa itu ahli Taurat dan orang Farisi?

Ahli Taurat adalah orang dalam Perjanjian Baru yang mengajar dan menerangkan ajaran-ajaran Perjanjian lama, khususnya lima buah kitab yang pertama. Manakala orang Farisi merupakan orang Yahudi yang paling ketat mengikuti setiap ajaran Taurat dalam Perjanjian Lama dan peraturan-peraturan yang ditambahkan pada Taurat dari zaman ke zaman. Kebanyakan ‘ahli Taurat?(orang berpendidikan yang boleh menulis) adalah orang Farisi.

Sejak dari permulaan pelayanan Yesus, orang Farisi telah menunjukkan perseteruan yang pahit dan kuat terhadap Yesus. Mereka tidak dapat menerima doktrin-doktrin yang dibawa oleh Yesus dan mereka berusaha dengan keras untuk mencari jalan bagi memusnahkan pengaruh Yesus ke atas umat Israel (Mat 12:38-39; Mat 15:12; Yoh 7:48).

Deedat amat licik dengan hanya mengutip ayat sepotong-sepotong. Setelah konteks ayat tersebut dikutip dengan lengkap, maka terserlah-lah keburukan moral serta kehidupan rohani golongan-golongan yang dibela oleh Deedat ini. Lagipun hanya Kristus satu-satunya yang dapat membaca isi hati sesungguhnya (Mat 23:27-28), yang dapat menghakimi mereka sebagai munafik.

November 25, 2008 - Posted by | PORTAL ESKATOLOGI |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: